Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat

Halo, teman-teman! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris. Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris memiliki perbedaan dengan penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia. Yuk, kita simak bersama-sama!

Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat dua format umum untuk penulisan tanggal, yaitu:

  1. Format Bulan-Hari-Tahun: Dalam format ini, kita menyebutkan bulan terlebih dahulu, diikuti oleh tanggal dan tahun. Contohnya: July 4, 2023.
  2. Format Hari-Bulan-Tahun: Dalam format ini, kita menyebutkan tanggal terlebih dahulu, diikuti oleh bulan dan tahun. Contohnya: 4 July 2023.

Perhatikan bahwa dalam format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, kita tidak menggunakan angka ordinal seperti dalam bahasa Indonesia. Misalnya, pada tanggal 4, kita tidak menulis "4th" seperti dalam bahasa Inggris. Hal ini berbeda dengan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris.

Contoh Kalimat dengan Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris:

  1. I was born on August 20, 1995. (Saya lahir pada tanggal 20 Agustus 1995.)
  2. Our wedding anniversary is on October 5th. (Ulang tahun pernikahan kami jatuh pada tanggal 5 Oktober.)
  3. The conference will be held from June 10 to June 12. (Konferensi akan diadakan dari tanggal 10 Juni hingga 12 Juni.)
  4. Please submit your report by January 31, 2024. (Mohon serahkan laporan Anda sebelum tanggal 31 Januari 2024.)
  5. The event is scheduled for April 15th at 2 p.m. (Acara tersebut dijadwalkan pada tanggal 15 April pukul 2 sore.)

Dalam contoh-contoh di atas, kita dapat melihat penggunaan format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang telah dijelaskan sebelumnya.

Catatan: Jika ingin menyebutkan hari dalam kalimat, gunakan huruf kapital pada hari tersebut. Contohnya: I have a doctor's appointment on Tuesday, July 10th. (Saya memiliki janji dengan dokter pada hari Selasa, tanggal 10 Juli.)

Rumus Grammar:

  • Format Bulan-Hari-Tahun: Month + Day + Year
  • Format Hari-Bulan-Tahun: Day + Month + Year
  • Format Tanggal-Bulan-Tahun: Date + Month + Year

Kesimpulan

Dalam bahasa Inggris, terdapat dua format umum untuk penulisan tanggal: Bulan-Hari-Tahun dan Hari-Bulan-Tahun. Dalam penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, tidak digunakan angka ordinal seperti dalam bahasa Indonesia. Beberapa contoh kalimat di atas menggambarkan penggunaan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dalam berbagai situasi.

Sekian penjelasan mengenai cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dan contoh kalimatnya. Semoga bermanfaat untuk pemula dan mempermudah pemahaman Anda dalam mengungkapkan tanggal dalam bahasa

Inggris.

Terima kasih telah membaca blog ini! Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman seputar topik ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Sampai jumpa di blog selanjutnya!

Referensi:

  • English Grammar Today by Cambridge University Press
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url