3. Belajar Tenses : Penambahan "-s" pada Verb untuk Orang Ketiga Tunggal

Halo para pembaca setia blog kami yang selalu bersemangat untuk belajar tenses bahasa Inggris! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas topik yang sangat penting dalam Simple Present Tense, yaitu penambahan "-s" pada kata kerja untuk orang ketiga tunggal (he, she, it). Mari kita eksplorasi lebih dalam dan tetap fokus pada kata kunci belajar tenses bahasa Inggris dan belajar tenses dengan meng-highlight setiap kata kunci agar informasi yang diberikan menjadi lebih jelas.

Penambahan "-s" atau "-es" pada Kata Kerja dalam Simple Present Tense

Dalam Simple Present Tense, terdapat aturan khusus yang berkaitan dengan penambahan akhiran "-s" atau "-es" pada kata kerja ketika subjek kalimat adalah orang ketiga tunggal, yaitu he, she, atau it. Peraturan ini berbeda dari kata kerja untuk subyek I, you, we, dan they. Mari kita lihat aturan ini lebih dekat.

Penambahan "-s" pada Kata Kerja

Aturan pertama adalah ketika kata kerja adalah kata kerja reguler atau regular verb. Kata kerja reguler adalah kata kerja yang bentuk sederhananya hanya ditambahkan dengan "-ed" untuk bentuk lampau dan partisipasi masa lampau (past participle).

Contoh kata kerja reguler dalam Simple Present Tense:

  • I/You/We/They play soccer. (Bermain sepak bola.)
  • He plays soccer. (Dia bermain sepak bola.)
  • She plays soccer. (Dia bermain sepak bola.)
  • It plays soccer. (Dia bermain sepak bola.)

Perhatikan bahwa pada subjek orang ketiga tunggal (he, she, it), kita menambahkan "-s" pada kata kerja "play" untuk membentuk bentuk Simple Present Tense.

Penambahan "-es" pada Kata Kerja

Aturan kedua adalah ketika kata kerja berakhiran dengan huruf -s, -sh, -ch, -x, atau -z. Dalam hal ini, kita menambahkan "-es" pada kata kerja untuk subjek orang ketiga tunggal.

Contoh kata kerja dengan penambahan "-es" dalam Simple Present Tense:

  • I/You/We/They wash the dishes. (Mencuci piring.)
  • He washes the dishes. (Dia mencuci piring.)
  • She washes the dishes. (Dia mencuci piring.)
  • It washes the dishes. (Dia mencuci piring.)

Pada contoh di atas, kata kerja "wash" berakhiran dengan huruf -sh, sehingga kita menambahkan "-es" untuk membentuk bentuk Simple Present Tense ketika subjeknya adalah orang ketiga tunggal.

Pengecualian: Kata Kerja dengan Huruf Akhir "Y"

Ada juga pengecualian ketika kata kerja berakhiran dengan huruf "y". Jika huruf sebelum "y" adalah konsonan, maka "y" akan berubah menjadi "i" dan ditambahkan "-es" untuk subjek orang ketiga tunggal.

Contoh kata kerja dengan pengecualian dalam Simple Present Tense:

  • I/You/We/They study English. (Belajar bahasa Inggris.)
  • He studies English. (Dia belajar bahasa Inggris.)
  • She studies English. (Dia belajar bahasa Inggris.)
  • It studies English. (Dia belajar bahasa Inggris.)

Pada contoh di atas, kata kerja "study" berubah menjadi "studies" ketika subjeknya adalah orang ketiga tunggal.

Pentingnya Memahami Penambahan "-s" pada Verb

Memahami aturan penambahan "-s" atau "-es" pada kata kerja dalam Simple Present Tense sangat penting untuk menghindari kesalahan dalam pembentukan kalimat. Kesalahan ini dapat menyebabkan kesalahpahaman dalam komunikasi dan mengganggu pemahaman pihak lain terhadap pesan yang ingin disampaikan.

Dengan menguasai aturan ini, Anda akan dapat membangun kalimat dalam Simple Present Tense dengan lebih lancar dan tepat. Teruslah belajar dan berlatih, dan Anda akan semakin percaya diri dalam menggunakan tenses bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah memahami aturan penambahan "-s" atau "-es" pada kata kerja dalam Simple Present Tense ketika subjeknya adalah orang ketiga tunggal. Anda telah mempelajari tentang kata kerja reguler dan pengecualian untuk kata kerja dengan huruf akhir "y". Semoga penjelasan ini membantu Anda dalam belajar tenses bahasa Inggris dengan lebih baik.

Ingatlah untuk selalu berlatih dan mengaplikasikan aturan yang telah Anda pelajari dalam percakapan dan tulisan bahasa Inggris Anda. Dengan konsistensi dan kerja keras, Anda akan menguasai tenses bahasa Inggris dengan sempurna.

Terima kasih telah mengikuti blog kami kali ini. Tetaplah bersemangat dan teruslah belajar tenses bahasa Inggris untuk mencapai kemajuan dalam perjalanan bahasa Inggris Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url